Sabtu, 28 April 2012

Keragaman Bentuk Muka Bumi

Permukaan bumi sebagai tempat tinggal berbagai makhluk hidup, bentuknya pun sangat beragam. Hal ini dipengaruhi oleh tenaga Geologi, yaitu tenaga yang mengubah bentuk permukaan bumi. Relief merupakan perbedaan antara daerah yang tinggi dengan daerah yang rendah.
1.Bentuk muka bumi didaratan
a.Gunung merupakan suatu kumpulan daratan yang menjulang tinggi meyerupai kerucut dan memiliki lereng.
b.Pegunungan, merupakan rangkaian dari beberapa gunung besar dan gunung kecil yang memanjang dan sambung menyambung satu sama lain. Sedangkan, Perbukitan adalah pegunungan yang terdiri dari pegunungan tidak terlalu tinggi dan bukit .
c.Daratan Tinggi, merupakan tanah datar yang luas dan tingginya antara 200 m- 1.500 m
d.Dataran Rendah, merupakan tanah datar yang luas dan tingginya antara 0 sampai kurang dari 200 m diatas permukaan laut. Lapisan tanah yang ada ditaran rendah berbentuk horizontal. Dataran rendah umumnya terdapat ditepi pantai dan dikaki gunung atau pegunungan.
e.Bukit, merupakan gunung yang ketinggiannya tidak lebih dari 600 m diatas permukaan laut.
2.Bentuk-bentuk Relief dasar laut
       a. Dangkalan (Shelf), adalah dasar laut luas yang dalamnya kurang dari 200 meter.
       b. Lubuk Laut (cekungan laut), adalah dasar laut yang bentuknya bulat cekung seperti   sebuah        jambangan yang luas.
        c.Gunung Laut (guyot), adalah gunung yang kakinya didasar laut dan kadang-kadang puncaknya menjulang sampai diatas permukaan laut.
         d. Pegunungan Laut, adalah rangkaian gunung dan pegunungan yang terletak didasar laut dan dibeberapa tempat terdapat bagian punggung yang muncul diatas permukaan laut. Sedangkan ambang laut merupakan punggung laut yang tidak sampai diatas permukaan laut. Punggung laut maupun ambang laut menjadi pemisah antara dua laut yang dalam.
         e. Palung laut (trog) , adalah lembah dasar laut yang sangat dalam, sempit, dan memanjang dengan tebing yang sangat curam.
         f. Ambang laut, merupakan dasar laut dangkal yang berperan sebagai pemisah antara dua laut yang dalam.
         g.Punggung laut, merupakan igir atau pegunungan yang terdapat didasar laut. Punggung laut dapat muncul dipermukaan laut sebagai sebuah pulau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar