Sabtu, 28 April 2012

Keragaman Bentuk Muka Bumi

Permukaan bumi sebagai tempat tinggal berbagai makhluk hidup, bentuknya pun sangat beragam. Hal ini dipengaruhi oleh tenaga Geologi, yaitu tenaga yang mengubah bentuk permukaan bumi. Relief merupakan perbedaan antara daerah yang tinggi dengan daerah yang rendah.
1.Bentuk muka bumi didaratan
a.Gunung merupakan suatu kumpulan daratan yang menjulang tinggi meyerupai kerucut dan memiliki lereng.
b.Pegunungan, merupakan rangkaian dari beberapa gunung besar dan gunung kecil yang memanjang dan sambung menyambung satu sama lain. Sedangkan, Perbukitan adalah pegunungan yang terdiri dari pegunungan tidak terlalu tinggi dan bukit .
c.Daratan Tinggi, merupakan tanah datar yang luas dan tingginya antara 200 m- 1.500 m
d.Dataran Rendah, merupakan tanah datar yang luas dan tingginya antara 0 sampai kurang dari 200 m diatas permukaan laut. Lapisan tanah yang ada ditaran rendah berbentuk horizontal. Dataran rendah umumnya terdapat ditepi pantai dan dikaki gunung atau pegunungan.
e.Bukit, merupakan gunung yang ketinggiannya tidak lebih dari 600 m diatas permukaan laut.
2.Bentuk-bentuk Relief dasar laut
       a. Dangkalan (Shelf), adalah dasar laut luas yang dalamnya kurang dari 200 meter.
       b. Lubuk Laut (cekungan laut), adalah dasar laut yang bentuknya bulat cekung seperti   sebuah        jambangan yang luas.
        c.Gunung Laut (guyot), adalah gunung yang kakinya didasar laut dan kadang-kadang puncaknya menjulang sampai diatas permukaan laut.
         d. Pegunungan Laut, adalah rangkaian gunung dan pegunungan yang terletak didasar laut dan dibeberapa tempat terdapat bagian punggung yang muncul diatas permukaan laut. Sedangkan ambang laut merupakan punggung laut yang tidak sampai diatas permukaan laut. Punggung laut maupun ambang laut menjadi pemisah antara dua laut yang dalam.
         e. Palung laut (trog) , adalah lembah dasar laut yang sangat dalam, sempit, dan memanjang dengan tebing yang sangat curam.
         f. Ambang laut, merupakan dasar laut dangkal yang berperan sebagai pemisah antara dua laut yang dalam.
         g.Punggung laut, merupakan igir atau pegunungan yang terdapat didasar laut. Punggung laut dapat muncul dipermukaan laut sebagai sebuah pulau.

JEPANG MENGUASAI INDONESIA

    Latar Belakang Jepang Menguasai Indonesia
a.      Modernisasi Jepang
Jepang awalnya merupakan Negara yang menganut sistem isolasi yaitu sistem dimana negara tersebut menutup diri dari pengaruh bangsa/ negara lain di luar negaranya. Baru pada tahun 1854, ketika Komodor Matthew Perry (orang Amerika Serikat) datang ke Jepang dengan tujuan untuk membuka kota pelabuhan Jepang maka Jepang terbuka bagi negara lain. Terjalin hubungan antara Jepang dan Amerika Serikat melalui perjanjian SHIMODA sehingga sejak itu pelabuhan di Jepang terbuka bagi perdagangan internasional. Saat itu yang memimpin Jepang adalah Shogun Tokugawa.
Perkembangan Jepang semakin tampak pada masa pemerintahan Pangeran Mutsuhito sebagai kaisar dengan gelar Tenno Meiji. Kaisar Meiji melakukan berbagai perubahan dalam segala bidang yang kemudian dikenal dengan Restorasi Meiji. Restorasi Meiji adalah perubahan Meiji dalam segala bidang kehidupan masyarakat guna mengejar ketinggalan dari bangsa Barat. Pembaharuan dan kebijakan tersebut diantaranya:
Bidang Militer :
1.      Jepang menerapkan wajib militer bagi semua lapisan masyarakat.
2.      Membentuk tentara nasional.
Untuk mendukung kebijakan tersebut maka:
ü      Jepang membeli peralatan dan perlengkapan militer dari negara-negara Barat
ü      Jepang meniru sistem militer dari berbagai negara Barat seperti Angkatan Darat (dari Perancis dan Jerman), dan Angkatan Laut (dari Inggris)
Sehingga Jepang telah mampu memiliki tentara nasional yang modern
Bidang Pendidikan :
1.      Membentuk Departemen Pengajaran
2.      Memberlakukan wajib belajar bagi anak-anak usia 6-14 tahun. Di sekolah anak-anak ditanamkan rasa cinta tanah air dan kaisar
Bidang Perdagangan :
1.      Jepang memodernisasi pelabuhan dan perkapalan sehingga kegiatan perdagangan dapat berkembang
2.      Didirikan bank-bank
Bidang Industri :
1.      Jepang mendirikan banyak pabrik yang mendukung perekonomiannya.
2.      Jepang menghasilkan mesin-mesin persenjataan sendiri.
Kebijakan lain :
Dibentuk sistem pajak baru, dimana tanah milik daimyo (gubernur militer masa shogun) dibagikan pada petani sedangkan para daimyo menjadi pegawai pemerintah.
Dengan modernisasi tersebut maka Jepang menjadi negara maju, negara modern, negara besar yang sejajar dengan negara-negara Barat.

b.     Akibat Modernisasi Jepang
Modernisasi Jepang tahun 1868 menyebabkan negara Jepang :
·        Industri Jepang semakin berkembang dengan pesat
·        Jumlah penduduk semakin bertambah sementara luas lahan semakin sempit (tidak sebanding dengan jumlah penduduk)
·        Sebagai negara yang merasa telah kuat maka Jepang ingin mengikuti negara Barat yaitu berlomba untuk mendapatkan daerah jajahan. Daerah jajahan tersebut dapat digunakan sebagai daerah pemasok hasil industri dan daerah penghasil bahan baku industri.

Keinginan Jepang untuk mendapatkan daerah jajahan menyebabkan Jepang melakukan berbagai ekspansi seperti:
1)      Jepang ingin menaklukkan daerah Cina maka pada 1894-1895 Jepang menyerang Cina dan terjadi perang yang dimenangkan Jepang dengan berhasil menguasai Semenanjung Liao Tsung dan Pulau Formosa (Taiwan) termasuk daerah Korea.
2)      Jepang ingin menduduki Manchuria dan dengan terpaksa Jepang harus menghadapi Rusia yang saat itu berkuasa di Manchuria. Oleh karena itu terjadi perang Jepang-Rusia (1904-1905), tetapi Jepang tetap saja menang dan berhasil mendapatkan Port Arthur dan Pulau Sachalin. Kemenangan Jepang terhadap Rusia ini menyebabkan Jepang semakin kuat kedudukannya setara dengan negara-negara Barat.
3)      Dalam Perang Dunia I (1914-1918) ketika Jepang harus melawan Jerman, dia berhasil menguasai daerah jajahan Jerman di Asia.
4)      1927, PM. Baron Tanaka (Jepang) merencanakan ekspansi ke Asia dan menguasai Asia Timur sebab dengan otomatis daerah Asia Selatan dapat dikuasai pula.
5)      1931 Jepang menyerang Manchuria dan dapat menguasai ± 6 bulan mendapat perlawanan Cina.
6)      1932 didirikan kerajaan Manchuria dengan Henry Pu-Yi sebagai raja (bekas raja Cina dari dinasti Manshu)
7)      Pertikaian Jepang-Cina terus berkobar hingga tahun 1937 terjadi insiden di atas jembatan Marco Polo (Jepang dengan persenjataan moderennya mengadakan pendaratan besar-besaran di Cina Utara dan Tengah menyebabakan Perang Jepang-Cina.
8)      Dari perang Jepang-Cina maka di mulainya menguasai wilayah Laut Selatan dan Asia Timur. Sementara itu negara-negara Pasifik semakin memperkuat kedudukannya.

c.      Pengaruh Modernisasi Jepang di Asia Pasifik
1.     Bidang Politik
·        Muncul gerakan nasionalisme di berbagai negara akibat kemenagan Jepang atas Rusia untuk menentang imperialisme Barat.
·        Semakin meningkatnya aktivitas pergerakan nasional Asia setelah berkembangnya modernisasi Jepang.
·        Jepang semakin berusaha menguasai dunia dengan semboyan “Hakko Ichiu” menurut agama Shinto menguasai negara lain merupakan sebuah tugas suci untuk memimpin bangsa lain. Selain itu Jepang adalah saudara tua bangsa Asia dan berkewajiban untuk menuntun saudara mudanya (bangsa Asia lainnya).
·        Melaksanakan proses Japanisasi untuk memperluas wilayah kekuasaannya.
·        Jepang menggantikan kedudukan Imperialisme Barat di Asia.
2.     Bidang Militer
§         Tentara Jepang dengan pasukan “Kate”-nya (karena orang Jepang pendek) disertai dengan semangat Bushidonya yang tinggi serta dilengkapi dengan senjata modern maka jepang selalu berhasil dalam ekspansinya. Hal ini dianggap sebagai bahaya “Kuning” bagi bangsa Barat (orang Jepang berkulit kuning).
§         Membentuk persekutuan Jepang-Inggris “Anglo Japanese Alliance” untuk persiapan Jepang menghadapi Rusia.
§         Perang Pasifik yang diprakarsai Jepang menyebabkan negara-negara Barat mempunyai daerah jajahan di Asia dan membentuk komando gabungan (ABCD Command) meskipun tetap tidak mampu menghalangi ekspansi Jepang di Asia Tenggara.
3.     Bidang Ekonomi
o       Melaksanakan politik Dumping untuk merebut pasaran hasil industri, dengan sasaran penduduk Asia Tenggara yang jumlahnya banyak tetapi memiliki daya beli yang rendah. Produk-produk buatan Jepang segera membanjiri Asia.
o       Barang buatan Jepang memperoleh tempat pemasaran yang luas meskipun telah dibatasi oleh negara barat. Daerah-daerah di Asia dijadikan sebagai tempat pemasaran sekaligus penghasil bahan mentah bagi industrinya.
o       Perang Pasifik (1914-1945) menyebabkan Jepang ingin menguasai Asia Tenggara yang kaya bahan makanan, bahan industri sebagai wilayah supplay untuk menyukseskan Perang asia Timur Raya.
o       Dengan program “Hakko Ichiu”, Jepang ingin mempropaganda terbentuknya persemakmuran bersama “Asia Timur Raya” seperti “Common Wealth of Nation” dari Inggris.
o       Negara yang kaya dengan hasil bahan industri bekerjasama dengan Jepang untuk meningkatkan kemakmuran bersama.

B.  MASUKNYA JEPANG KE INDONESIA
Masuknya Jepang ke Indonesia diawali dengan :
ü      Ketika Perang Dunia ke II, Jepang ikut terjun dalam perang tersebut. Maka muncul dugaan berdasarkan analisis politik akan terjadi peperangan di Lautan Pasifik. Hal ini terbukti dengan meletusnya perang di Lautan Pasifik pada 8 Desember 1941 yang melibatkan Jepang di dalamnya. Perang ini disebut dengan “Perang Asia Timur Raya” atau “Perang Pasifik”.
ü      Akibat dari perang tersebut Belanda yang tergabung dalam front ABCD (Amerika Serikat, Brittania/ Inggris, Cina, Dutch/ Belanda) melakukan perang terhadap Jepang.
ü      Jepang berhasil menguasai daerah Asia Tenggara yang lain seperti Muangthai, Filipina, Malaysia dan Birma. Karena Jepang terlalu kuat maka Hindia Belanda-pun akhirnya jatuh ke tangan Jepang setelah Belanda yang dibantu Sekutu melakukan berbagai perlawanan tetapi tetap tidak mampu mengalahkan Jepang.
ü      Selain itu di Jawa muncul ramalan “Joyoboyo” yang menyatakan bahwa pada suatu saat Pulau Jawa akan dijajah oleh bangsa kulit kuning, meskipun hanya seumur jagung, tetapi setelah itu maka Indonesia akhirnya akan MERDEKA.  Ramalan ini dipercaya oleh rakyat, oleh karena itu, Jepang memanfaatkan dengan sebaik-baiknya kesempatan yang ada tersebut. Sehingga kedatangan Jepang ke Indonesia 1942 tersebut dianggap sebagai suatu hal yang biasa dan sudah semestinya terjadi.
Jepang Menguasai Indonesia diawali dari:
Ø      Menduduki Tarakan (10 Januari 1942) kemudian Minahasa, Sulawesi, Balik Papan, dan Ambon.
Ø      Pada februari 1942 menduduki Pontianak, Makasar, Banjarmasin, Palembang, dan Bali. Bagi Jepang Palembang merupakan tempat yang strategis hal ini dikarenakan letak Palembang diantara Batavia sebagai pusat kekuasaan Belanda dan Singgapura yang merupakan pusat kedudukan Inggris.
Ø      Di daerah Jawa Jepang pertama mendarat di Banten kemudian ke Indramayu, Kragan (Rembang dan Tuban).
Ø      Pada 5 Maret 1942 Jepang menyerang Batavia
Ø      8 Maret 1942 Jepang menyerang Bandung dan berhasil mendudukinya setelah Belanda menyerah kepada Panglima Jepang, Imamura.
Ø      Sehingga sejak 9 Maret 1942 Indonesia menjadi daerah kekuasaan Jepang.

C.  PENJAJAHAN JEPANG DI INDONESIA
Tentara Jepang yang dikenal dengan Bala Tentara Nippon adalah sebutan resmi pemerintah militer pada masa pemerintahan Jepang. Sejak tanggal 7 Maret 1942, tentara Jepang memegang kekuasaan militer dan segala kekuasaannya yang dipegang Gubernur Jendral masa Belanda. Kekuasaan atas wilayah Indonesia dipegang oleh 2 angkatan perang, yaitu:
1.      Angkatan Darat (Rikugun)
2.      Angkatan Laut (Kaigun)
Dengan kekuasaan masing-masing, yaitu:
  1. Jawa dan Madura dengan pusatnya di Batavia di bawah kekuasaan Rikugun
  2. Sumatera dan Semenanjung Melayu dengan pusatnya di Singapura berada di bawah kekuasaan Rikugun
  3. Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku, Irian berada di bawah kekuasaan Kaigun.
Untuk menarik perhatian rakyat Indonesia maka Jepang membentuk organisasi-organisasi militer sebagai pengganti oraganisasi pergerakan yang ada di Indonesia. Organisasi tersebut diantaranya:
  1. GERAKAN TIGA A
Mempunyai semboyan : Nippon Pelindung Asia, Nippon Cahaya Asia, dan Nippon Pemimpin Asia. Dipimpin oleh Syamsuddin SH. Tahun 1943, dibubarkan karena tidak mendapat simpati dari rakyat dan diganti Putera.
  1. PUTERA (Pusat Tenaga Rakyat)
Putera dibentuk tahun 1943 dipimpin oleh empat serangkai yaitu Bung Karno, Bung Hatta, Ki Hajar Dewantara, dan Kyai Haji Mas Mansyur. Tujuan dibentuk Putera yaitu untuk membantu Jepang dalam setiap perang yang dilakukannya. Tetapi Oraganisasi Putera merupakan bumerang bagi Jepang sebab anggota Putera memiliki nasionalisme yang tinggi.
  1. PETA(Pembela Tanah Air)
Peta merupakan organisasi bentukan jepang yang terdiri dari pemuda Indonesia. Organisasi ini disebut pula Giyugun. Mereka mendapat latihan militer dari Jepang. Tujuannya untuk memenuhi kepentingan peperangan Jepang di Lautan Pasifik. Ternyata perkembangan Peta sangat membantu Indonesia dalam meraih kemerdekaan melalui perjuangan fisik.
Jenderal Sudirman dan A.H Nasution bpernah sebagai pemimpin PETA.
1944, dibubarkan karena terlalu bersifat nasional dan dianggap membahagiakan.
Selain itu terdapat pula organisasi bentukan Jepang yang lain, seperti: Jawa Hokokai, Cuo Sangi In, Keibondan (Barisan Pembantu Polisi), Seinendan(Barisan Pemuda), dsb.

Keberadaan Jepang di Indonesia menimbulkan perlawanan dari rakyat di berbagai daerah di Indonesia, seperti :
ü      Daerah Aceh
Tahun 1942 terjadi perlawanan di Cot Plieng, Lhok Seumawe dipimpin Tengku Abdul Jalil, tetapi dapat dipadamkan.
Tahun 1944 muncul perlawanan di Meureu dipimpin Teuku Hamid dan dapat pula dipadamkan oleh Jepang.
ü      Daerah Indramayu  (Karang Ampel, Sindang)
1943 muncul perlawanan dipimpin oleh Haji Madriyan, dkk tetapi berhasil dipadamkan oleh Jepang.
ü      Daerah Sukamanah, Tasikmalaya
1943 terjadi perlawanan dipimpin oleh Haji Zaenal Mustafa. Ia berhasil membunuh kaki tangan Jepang dan balasannya Jepang melakukan pembunuhan massal terhadap rakyat.

ü      Blitar
14 Februari 1945 terjadi pemberontakan PETA yang dipimpin oleh Supriyadi (putra bupati Blitar) yang dibantu dr. Ismail, Mudari, Suwondo. Pemberontakan ini mampu membinasakan orang-orang Jepang di Blitar, Jepang sangat terkejut lagi pula saat itu Jepang sering mengalami kekalahan dalam perang Asia Timur Raya atau Perang Pasifik. Akhirnya Jepang mengepung kedudukan Supriyadi. Melakukan tipu muslihat bahwa jika para pemberontak menyerah maka mereka akan dijamin keselamatannya serta akan dipenuhi segala tuntutannya. Hal ini berhasil sebab banyak anggota PETA yang menyerah. Mereka akhirnya di hukum mati maupun meninggal karena disiksa Jepang.
ü      Daerah Kalimantan Barat
Jepang pernah mengadakan pembunuhan secara besar-besaran terhadap masyarakat  ± 20.000 orang yang menjadi korban keganasan Jepang tersebut. Hanya sebagian kecil saja yang dapat menyelamatkan diri dari lari ke Pulau Jawa.
Akhirnya tanggal 14 Agustus 1945 Jepang menyerah pada Sekutu.

Kamis, 26 April 2012

SAHABAT & PENGORBANAN

Kali ini saya membuat sebuah cerpen tentang sepasang sahabat yang mempunyai karakter dan latar belakang yang jauh berbeda seperti langit dan bumi , tetapi mereka saling menyayangi. Yah,kalau sudah cinta semuanya terasa lebih indah. :)
                Sore itu , Aldi duduk termenung didekat jendala kamarnya , ia masih memikirkan sela, sahabat sekaligus orang yang dicintainya. Aldi gundah, apakah memang benar ia mencintai wanita itu, wanita bersifat egois dan sombong. Mereka telah bersahabat kurang lebih 2 tahun, dan saat-saat itulah mulai tumbuh benih cinta dihati Aldi untuk sela, sangat disayangkan Aldi berasal dari keluarga karyawan sederhana, sedangkan sela berasal dari keluarga kelas atas. Sungguh miris memang, tak mungkin aku dan sela dapat bersatu batinnya dalam hati. Tiba-tiba handphonenya bergetar menandakan ada sms masuk dari sela, membuyarkan segala lamunannya.
Sela massage : di, temenin gue ke mall yuk ntar malam?
Huuft ke mall lagi, dengan terpaksa ia membalas sms tersebut.
Aldi massage : oke, tapi jangan lama-lama ya! Tak berapa lama sms Aldi dibalas sela
Sela massage : terserah lo deh, yang penting lo mau nemenin gue, bawel banget jadi orang!
                Aldi tak membalas sms ketus terakhir dari sela, ia hanya melanjutkan lamunannya, perasaannya saat itu sedang tidak enak, entah mengapa.
****
                “ayo dong di, lo jalan lelet banget siih!” ujar sela sembari menarik tangan Aldi agar berjalan cepat.
                “iya, iya sebenarnya kita kemana sih, bukannya lo mau belanja?” tanya Aldi polos
                “iih, gue mau ngajakin lo makan diCafe favorit gue” sahut sela tanpa menatap wajah Aldi yang tersipu malu, karena baru kali ini sela mengajaknya ke Cafe favorit sela.
                Sesampainya di cafe sela dan Aldi duduk dipojok cafe yang bernuansa romantis dan softly itu. Sekarang sela gelisah ingin memberanikan diri untuk memantapkan perkataannya.
                “eeh, lo kenapa? Aneh banget sii” tanya Aldi
                “oke, guee... guee mau jelasin sesuatu ama lo di, ini penting banget..”  dijawabnya pertanyaan Aldi dengan nada keraguan.
                “lo tenang dulu, oke, ya. Lo mau ngomong apa?” balas aldi lagi
                “sebenarnya gue ngajak lo kesini buat.....hmm, ngenalin lo... sama tunangan gue” sahut sela dengan penuh sesal.
                Deg! Hati Aldi seperti terbakar api cemburu , sakit lah yang ia rasakan saat ini. Aldi diam seribu bahasa, tak tahu apa yang harus dikatakannya lagi.
                “Gue dijodohin sama orang tua gue , di .habis lulus SMA ini mungkin gue sama tunangan gue bakal kuliah di amrik. Gue nggak mau di, tapi itu kehendak ortu gue.. gue nggak cinta sama dia, yang gue cinta itu elo , di!” tutur sela panjang lebar sembari membendung air mata.
                “apa sel? Gu..gue nggak salah dengarkan!”  Jawab aldi meninginkan kepastian.
                “iya, di. Gue sayang sama elo!, gue emang egois , tapi gue nggak bisa menyembunyikan perasaan kalo gue sayang sama elo lebih dari sekedar sahabat” kali ini air mata Sela tak dapat terbendung lagi.
                “sela, gue tau kok, kita nggak bakal pernah bersatu,lo dari keluarga orang kaya sedangkan gue hanya keluarga sederhana,  tapi gue juga sayang sama elo sel, bahkan gue rala ngelakuin apapun demi kebahagiaan lo!” terdengar nada sedih yang dituturkan Aldi.
                Tiba-tiba dari pintu depan cafe muncul seorang cowok tampan, berbadan atletis dengan gaya angkuhnya. Cowok itu menghampiri meja dimana sela dan Aldi duduk, segera cowok itu menyapa Sela.
                “hy, sela, loh kok kamu nangis sih?” tanya si cowok itu
                “eh, Toni. Nggak kok Cuma ada debu aja yang masuk ke mata . oh ya, Aldi kenalin ini tunangan gue toni.” 
                “oh iya, salam kenal!, gue sahabat sela “ ujar Aldi sembari menyuguhkan senyum yang terlihat maksa.
                “ooh” Toni tidak terlalu mementingkan Perkataan Aldi
                “hmm, Toni lebih baik kita sekarang pulang ya, aku nggak enak badan, oh ya, sekalian ya kita antar Aldi pulang” ujar Sela meyakinkan.
                Mereka bertiga meninggalkan cafe tersebut, melangkah menuju parkiran mobil.
                “ooh, jadi ini ya yang namanya Aldi , kok bisa sih kamu punya sahabat kumal kayak dia” Toni yang sedari tadi menyetir dengan sengaja memandang Aldi dengan tampang jijik.
                “toni, lo nggak boleh gitu, gue sama Aldi udah sahabatan 2 tahun!” Sela memandang toni dengan tampang jutek.
 Aldi tetap diam, jauh didalam hatinya , ia berfikir jika mungkin Sela bisa bahagia dengan Toni, ia rela sepenuh hati menyerahkan sela , mungkin ini memang jalan yang harus ia tempuh.
                Dijalanan sepi, Mobil Toni dicegat oleh 2orang yang sedang mengendarai  sepeda motor, Dengan sigap Toni mengerem laju mobilnya, orang yang bersepeda motor itu turun dari motornya dengan membawa pisau.
                “eeh, turun lo dari mobil!” ujar lelaki berwajah seram itu sambil menggenggam kerah baju Toni dengan kasar.
                “eh, apa-apaan ini! “ Toni ketakutan ditodongkan pisau dilehernya.
                “serahin barang-barang berharga milik lo!” si lelaki itu berkata lagi, tanpa basa-basi toni mengeluarkan dompet serta melepaskan jam tangan mahalnya kepada ke-2 perampok itu.  Melihat hal itu Sela dengan cepat menarik badan Toni dari genggaman perampok yang mengambil dompet serta jam tangan tunangannya itu, tetapi perampok lain marah, lalu menujahkan pisaunya kepada Sela, Dengan sigapnya Aldi melindungi Sela dari hantaman pisau dengan badannya, Aldi ditujah dengan pisau beberapa kali, lalu terbaring dijalan  dengan bersimbah darah, melihat Aldi yang bersimbah darah, ke-2 perampok itu menaiki motor, berlalu begitu saja mengendarai motor dengan kecepatan penuh.
                Toni mengantarkan Aldi yang tengah sekarat ke Rumah sakit terdekat, mobil yang dipacunya melaju cepat dijalan raya,  sampai dirumah sakit , Aldi tidak sadarkan diri, ia Masuk ruang ICU karena kondisinya sedemikian parah. Dokter memeriksa Aldi dan melakukan pertolongan sebisanya, ketika dokter keluar, Sela menanyakan kabar Aldi kepada sang Dokter.
                “Dok, bagaimana keadaan Aldi!?”
                “maaf , saya memang sudah melakukan yang terbaik, sekarang ia hanya dapat bertahan beberapa menit saja, pisau yang menghantamnya tepat mengenai jantungnya sehingga , mungkin sudah tidak dapat tertolong!, saya turut sedih” ujar Dokter penuh sesal .
                Tanpa menghiraukan ucapan sang dokter , Sela menerobos masuk ruang ICU dengan air mata yang bercucuran dipipinya, sebuah keajaiban ketika Sela memegang tangan Aldi , aldi sadar dan membalas genggaman tangan sela.
                “Sela, mungkin hidupku tidak berapa lama lagi, tapi aku nggak mau melihat kamu bersedih disaat terakhirku ini, berjanjilah untuk bahagia dengan Toni dan tanpa diriku! Tuhan hanya menakdirkan kita sebagai sahabat ” ujar Aldi terbata-bata menahan sakit yang menggerogoti tubuhnya, hingga ia tak bisa bernafas lagi.
                “iya, aku janji akan bahagia dengan Toni, dan tidak akan bersifat egois kayak anak kecil lagi , ! jangan pergi di, jangan pergi.” Sela menangis didekat Aldi yang sudah tidak bernyawa lagi.  Ya, Aldi meninggal saat ia masih menggenggam tangan Sela. Air mata yang sedari tadi membasahi pipinya  ia ganti dengan senyuman pedih untuk meng-ikhlasan  kepergian Aldi ke alam keabadian.  Dikejauhan aldi melihat sela dengan senyuman , lalu arwahnya menghilang. Toni masuk ke ruang ICU , memeluk Sela yang menangis tersedu meratapi kepergian orang terkasih, Toni mencoba sebisa mungkin untuk membahagiakan Sela, Toni berjanji pada dirinya sendiri , semua ini ia lakukan demi Aldi dan Sela.
                Sebulan kemudian, setelah kelulusan , Sela dan Toni menunjungi makam Aldi dengan penuh suka cita,hari ini mereka akan berangkat ke Amrik. Sela menaruh bunga lili dibatu nisan bertuliskan Aldi pratama saputra,  sela menangis terharu mengenang masa-masa indah bersama Aldi sembari memanjatkan Do’a supaya Aldi dapat diterima disisi Allah SWT ,  angin sepoi mengelus wajah cantiknya sembari mengembuskan bunga mawar kegenggaman tangannya , bunga kesukaan Sela , ia berdo’a penuh hikmat untuk ketenangan Aldi di Alam kedamaian, ke Alam dimana Aldi akan melihat Sela dengan senyuman dikejauhan. Begitu besar pengorbanan seorang Aldi demi menyelamatkan nyawa orang yang dicintainya, walaupun dengan nyawanya sendiri, kisah cinta Aldi berakhir sampai disini.

~SELESAI~

Rabu, 25 April 2012

KENAKALAN REMAJA ? No, thank's !

Remaja, apa ya yang dimaksud dengan remaja?. Remaja tidak bisa dikatakan sebagai anak-anak , tetapi juga belum bisa dikatakan sudah dewasa, oke jadi intinya remaja merupakan masa peralihan dari masa kanak-kanak menuju masa kedewasaan. Remaja sering disertai dengan sifat positif maupun kenakalannya, berbicara soal kenakalan remaja, remaja cenderung terpengaruh hal negatif yang berada disekitarnya, dalam hal ini peran orang tua, guru, dan lingkungan sangat menentukan perilaku remaja, tapi peran orang tua dan guru lah yang lebih memengaruhinya. Selain dirumah, disekolah remaja juga diajarkan oleh guru bagaimana ia harus bersikap. Telah dijelaskan bahwasanya peran guru juga penting dalam pembentukan karakter remaja, untuk lebih jelasnya, simaklah artikel berikut mengenai peran guru terhadap kenakalan remaja dan cara mengatasi kenakalan remaja tersebut. 
Selamat membaca :)

Peran guru terhadap kenakalan remaja

Sebenarnya menjaga sikap dan tidak tunduk positif itu tidak hanya tanggung jawab para guru dan keluarganya, tetapi semua orang. Guru yang selalu mengusahakan keluarganya menjadi garda terdepan dalam memberikan pendidikan dengan sebuah contoh, adalah cerminan komitmen dan pendalaman makna dari seorang guru. Sang guru harus berusaha  agar keluarganya baik dan tidak korupsi agar ia dapat mengajari kepada murid-muridnya yang merupakan remaja generasi penerus bangsa memiliki moral dan akhlak  baik juga tidak korupsi, berusaha tidak berbohong agar murid-muridnya sebagai remaja yang baik tidak menjadi pendusta dan tidak terjebak dalam kenakalan remaja .
Guru adalah profesi yang mulia dan tidak mudah dilaksanakan serta memiliki posisi yang sangat luhur di masyarakat. Semua orang pasti akan membenarkan pernyataan ini jika mengerti sejauh mana peran dan tanggung jawab seorang guru.  Sejak dulu hingga sekarang menjadi seorang guru adalah sebuah tugas mulia, banyak guru yang melakukan tugas sesuai kodratnya ,tapi tak sedikit pula guru yang menyeleweng ataupun mengajarkan hal tidak baik terhadap muridnya.
Peran guru tidak hanya sebatas tugas yang harus dilaksanakan di depan kelas saja,  tetapi seluruh hidupnya memang harus didedikasikan untuk pendidikan. Tidak hanya menyampaikan teori-teori akademis saja tetapi juga suri tauladan yang digambarkan dengan perilaku seorang guru dalam kehidupan sehari-hari.
Terkesannya seorang Guru adalah sosok orang sempurna yang dituntut tidak melakukan kesalahan sedikitpun, sedikit saja sang guru salah dalam bertutur kata itu akan bertanam sangat mendalam dalam sanubari para remaja. Jika sang guru mempunyai kebiasaan buruk dan itu di ketahui oleh sang murid, tidak ayal jika itu akan dijadikan referensi bagi para remaja yang lain tentang pembenaran kesalahan yang sedang ia lakukan, dan ini dapat menjadi satu penyebab, alasan mengapa terjadi kenakalan remaja.
Sepertinya filosofi sang guru ini layak untuk dijadikan filosofi hidup, karena hampir setiap orang akan menjadi ayah dan ibu yang notabonenya merupakan guru yang terdekat bagi anak-anaknya penerus bangsa ini. Akan sulit bagi seorang ayah untuk melarang anak remajanya untuk tidak merokok jika seorang ayahnya adalah seorang perokok . akan sulit bagi seorang ibu untuk mengajari anak-anak remaja untuk selalu jujur, jika di rumah sang ibu selalu berdusta kepada ayah dan lingkungannya, atau sebaliknya. Jadi, bagaimana mungkin seorang tua melarang remaja untuk tidak nakal sementara mereka sendiri nakal?
Suatu siang, saya agak miris melihat seorang remaja SMP sedang asyik mengisap sebatang rokok bersama adik kelasnya yang masih di SD, itu terlihat dari seragam yang dikenakan dan usianya memang terbilang masih remaja. Siapa yang harus disalahkan dalam kasus ini. Apakah si anak remaja tersebut, sepertinya tidak adil kalau kita hanya menyalahkan si anak remaja itu saja. A nak itu terlahir bagaikan selembar kertas yang masih putih, mau jadi seperti apa kelak di hari tuanya tergantung dengan tinta dan menulis apa pada selember kertas putih itu. Orang pertama yang patut disalahkan mungkin adalah guru, baik guru yang ada di rumah(orang tua), di sekolah(guru), atau pun lingkungannya hingga secara tanpa disadari mencetak para remaja tersebut untuk melakukan perbuatan yang dapat digolongkan kedalam kenakalan remaja.
Peran orang tua yang bertanggung jawab terhadap keselamatan para remaja tentunya  tidak membiarkan anaknya terlena dengan fasilitas-fasilitas yang dapat meneggelamkan si anak remaja ke dalam kenakalan remaja, kontrol yang baik dengan selalu memberikan pendidikan moral dan agama yang baik diharapkan akan dapat membimbing si anak remaja ke jalan yang benar, bagaimana orang tua dapat mendidik anaknya menjadi remaja yang sholeh sedangkan orang tuanya jarang menjalankan sesuatu yang mencerminkan kesholehan, ke masjid misalnya. Jadi, jangan heran apabila terjadi kenakalan remaja, karena si remaja mencontoh pola kenakalan para orang tua.
Tidak mudah memang menjadi seorang guru. Menjadi guru diharapkan didasari oleh gaji guru yang akan dinaikkan, bukan merupakan pilihan terakhir setelah tidak dapat berprofesi di bidang yang lain, tidak juga karena peluang. Selayaknya cita-cita untuk menjadi guru didasari oleh sebuah idealisme yang luhur, untuk menciptakan para remaja sebagai generasi penerus yang berkualitas.
Sebaiknya guru tidak hanya dipandang sebagai profesi saja, tetapi adalah bagian hidup dan idealisme seorang guru harus dijunjung setinggi-tingginya. Idealisme itu seharusnya tidak tergantikan oleh apapun termasuk uang. Namun guru adalah manusia, sekuat-kuatnya manusia bertahan dia tetaplah manusia, jika terpaan cobaan itu terlalu kuat manusia juga dapat melakukan kesalahan.
Akhir-akhir ini  ada berita di media masa yang sangat meruntuhkan citra sang guru adalah berita tentang pencabulan oknum guru terhadap anak didiknya. Kalau pepatah mengatakan guru kencing berdiri murid kencing berlari itu benar, berarti satu orang guru melakukan itu, berapa orang murid yang lebih parah dari itu, hingga akhirnya menciptakan pola kenakalan remaja yang sangat tidak kita harapkan.
Gejala-gejala ini telah menunjukan kebenarannya. Kita ambil saja kasus siswa remaja mesum yang dilakukan oleh para remaja belia seperti misalnya kasus-kasus remaja mesum di taman sari PangkalPinang ibukota provinsi Bangka Belitung, lokasi remaja pacaran di bukit dialova Pangkal Pinang, dan remaja Ayam kampus yang mulai marak, di tambah lagi foto-foto syur remaja SMP jebus, ini menunjukkan bahwa pepatah itu menunjukkan kebenarannya.
Kerja team yang terdiri dari orangtua sebagai guru di rumah, guru di sekolah dan lingkungan (sebagai guru saat anak-anak para remaja bermain dan belajar) harus dibentuk. Diawali dengan komunikasi antara orang tua dan guru di sekolah, pertemuan yang intensif antara keduanya akan saling memberikan informasi yang sangat mendukung bagi pendidikan para remaja. Peran lingkungan pun harus lebih peduli, dengan menganggap para remaja yang ada di lingkungannya adalah tanggung jawab bersama, tentunya lingkungan pun akan dapat memberikan informasi yang benar kepada orang tua tentang tindak tanduk si remaja tersebut dan kemudian dapat digunakan untuk mengevaluasi perkembangannya, agar tidak terjebak dalam kenakalan remaja.
Terlihat betapa peran orang tua sangat memegang peranan penting dalam membentuk pola perilaku para remaja, setelah semua informasi tentang pertumbuhan anaknya didapat, orang tua pun harus pandai mengelola informasi itu dengan benar.
Terlepas dari baik buruknya seorang guru nampaknya filosofi seorang guru dapat dijadikan pegangan bagi kita semua terutama bagi para orang tua untuk menangkal kenakalan remaja, mari kita bersama-sama untuk menjadi guru bagi anak-anak dan para remaja kita, para remaja belia, dengan selalu member contoh kebenaran dan memberi dorongan untuk berbuat kebenaran. Sang guru bagi para remaja adalah orang tua, guru sekolah dan lingkungan tempat ia dibesarkan. Seandainya sang guru dapat memberikan teladan yang baik mudah-mudahan generasi remaja kita akan ada di jalan yang benar dan selamat dari budaya ”kenakalan remaja” yang merusak kehidupan dan masa depan para remaja, semoga.

Pertanyaan:
1.   Mengapa kenakalan remaja seperti pada artikel tersebut dapat terjadi?
●Kenakalan remaja yang sering kita dengar banyak sekali berhubungan dengan tindak asusila, pemakaian narkoba, kekerasan dan juga perkelahian. Hal ini dapat terjadi disebabkan oleh beberapa hal, antara lain: (1) tidak adanya kontrol iman pada remaja itu sendiri, artinya remaja tersebut tidak diberikan konsep iman yang kuat dari lingkungan keluarga, (2) kurang mendapat kasih saying dan perhatian dari orang tua, karena orang tua sibuk dengan urusannya masing-masing, sehingga kebutuhan akan kasih saying dan perhatian terabaikan, (3) pengaruh lingkungan, kenakalan remaja dapat terjadi karena proses peniruan dari lingkungan, apabila lingkungan yang tidak sehat akan member pengaruh negative terhadap remaja, misalnya di suatu tempat perkelahian dianggap hal yang biasa, mengisap narkoba gaya hidup atau hubungan bebas sah saja, hal ini menanamkan konsep yang salah pada para remaja,  sehingga  ada sebagian remaja menyatakan bahwa kenakalan remaja misalnya gaya berpacaran yang berlebihan adalah gaya hidup modern, tidak pakai narkoba cemen, tidak bisa merokok anak mami, (4) pengaruh IT, karena hal-hal yang berbau fornografi, kekerasasan dengan mudah diakses melalui internet.
2 .Apakah perilaku remaja pada artikel tersebut merupakan reaksi yang tepat atas                  gejolak pada masa remaja?
●tidak, karena banyak hal positif yang dapat dilakukan oleh remaja dalam menjalani masa remaja seperti kegiatan berolahraga bersama teman-teman, keiatan kesenian, pemandu sorak, outbond, mendaki gunung, kegiatan keagamaan, kegiatan sosial dan kain-lain.                        
3.   Siapa saja yang seharusnya bertanggung jawab terhadap kenakalan remaja tersebut dan apa yang harus dilakukan untuk menangani hal itu?
●yang bertanggung jawab atas kenakalan remade adalah, orang tua, guru, dan  masyarakat disekitar. Yang dapat dilakukan oleh orang tua adalah memahami pola pikir dan tingkah laku anak remaja, memberikan kasih saying, perhatian dan memenuhi kebutuhan materi bagi anak, menjadi teman dan orang tua bagi anak, mendengarkan keluh kesah anak, member penilaian terhadap penampilan anak dengan tidak menyinggung perasaannya. Yang dilakukan guru dalam menangani masalah kanaklan remaja antara lain, menanamkan konsep apa “kenakalan remaja” menjadi teman bagi siswanya, mendengarkan pendapat siswa, mengarahkan siswa untuk berprestasi sesuai bakatnya, melakukan pendekatan emosional siswa, selalu tanggap atas perubahan sikap siswa, memberikan bimbingan kepada siswa. Masyarakat dapat menciptakan lingkungan yang kondusif bagi warganya, membuat peraturan bagi lingkungan, membuat kegiatan yang mengikutsertakan para remaja, member sangsi kepada warga yang melanggar aturan untuk membuat efek jera

4.   Bagaimana cara mencegah dan menangani kenakalan remaja tersebut?
●menanamkan konsep keimanan yang kuat kepada anak, memberikan kasih saying kepada anak, mencukupi kebutuhan materi anak, memberikan peluang kepada anak untuk melakukan sesuatu sesuai bakatnya, mendengarkan ketika anak berkeluh kesah, memberikan bimbingan kepada anak tentang hal-hal kebaikan, membiasakan anak untuk peduli terhadap sesama, memberi pujian ketika mereka melakukan hal-hal positif, memberikan pendidikan yang berhubungan dengan akibat pergaulan bebas.

5.   Aktivitas apa saja yang dapat dilakukan untuk menghadapi gejolak pada masa remaja?
Melakukan aktifitas yang positif, atau menyalurkan hobby dan bakat remaja diantaranya:
● berolahraga (volley ball, sepak bola, basket, renang, bowling, outbond dll)
●kegiatan kesenian (band, menyanyi, menari, pemandu sorak, fashion, dll)
●kegiatan keagamaan (mengaji, remaja mesjid, dll)
●melakukan kegiatan sosial kemasyarakatan.